Kampung Seni Yudha Asri: Februari 2011

Jumat, 18 Februari 2011

Saung Cendekia dan Success Center dalam Training di Gedung Kesenian Kampung Seni Yudha Asri 2011

Training adalah pelatihan suatu kegiatan untuk menambah pengetahuan, pengalaman, mengasah keterampilan dan juga menambah teman. Pelatihan ini sangat bagus untuk kita ikuti, baik pelatihan yang berhubungan dengan pengembangan diri pribadi, sekolah, pekerjaan, hobi dan pelatihan yang bersifat umum. Waktunya tergantung penyelenggara ada yang satu hari, dua hari bahkan seminggu.
Kegiatan seperti ini biasanya kita jumpai dimasa sekolah, perkuliahan, dan suatu komunitas, namun ada juga yang untuk semua kalangan. Training Center salah satunya, training ini adalah untuk semua kalangan, pesertanya terdiri laki-laki dan perempuan dari Saung Cendekia yang berasal dari Tangerang, Pengurus Kampung Seni Yudha Asri dan Success Center sebagai moderatornya.  Pelatihan ini temanya tentang pengembangan diri dan sejarah serta perkembangan Seni Tradisional Kampung Seni Yudha Asri, Desa Mander, Kecamatan Bandung, Serang yang sudah ada sejak tahun 1982. Guna menghibur acara ini juga disisipkan game mengasah keterampilan otak. Berikut adalah beberapa aktivitasnya yang diambil beberapa waktu lalu.





















Opening Ceremony Mander Cup 2011

Pembukaan Pertandingan Sepak Bola Mander Cup oleh Kesenian Tradisional Kampung Seni Yudha Asri, berlokasi di lapangan Korong Meong, Kec. Bandung, Kab. Serang, 30 Januari 2011.











Babacakan di Gedung Kesenian / Serba Guna Kampung Seni

Babacakan adalah makan secara bersama-sama dengan cara yang unik, biasanya dalam rangka kumpul-kumpul atau silaturahmi teman-teman, di pegunungan, pantai, tempat out bond, sekolah dan disuatu tempat berkumpulnya suatu komunitas. Makanan yang tersedia merupakan hasil kerja bersama, ada yang memasak nasi, mencari ikan, memanggang ikan, mengambil alas dari daun-daunan, membuat bumbu dan lain sebagainya. Kegiatan seperti ini tergolong unik dan tentu tidak setiap kesempatan ada. Berikut adalah beberapa aktivitas personil Kampung Seni Yudha Asri ketika babacakan dengan anak-anak SMA Negeri 1 Jawilan, Serang di gedung kesenian/serba guna setelah mereka latihan Seni Tradisional Rampak Bedug beberapa waktu yang lalu.









Pentas Seni Budaya Islam di Depag Provinsi Banten

Festival Seni Budaya Islam Provinsi Banten di selenggarakan di Kantor Departemen Agama Provinsi Banten, Update 2011. Kampung Seni Yudha Asri menampilkan Seni Dzikir Saman dalam acara tersebut.


 











Selasa, 01 Februari 2011

Paguyuban Seniman Tradisonal (Pasentra) Kab. Serang

Jauh sebelum adanya Kampung Seni Yudha Asri, Pasentra telah lebih dulu ada. Paguyuban inilah yang kemudian mendukung adanya wadah Kampung Seni Yudha Asri. Pasentra dengan adanya Kampung Seni, Segala kegiatan yang berhubungan dengan seni tradisional akan lebih terfasilitasi, ada gedung kesenian/serba guna beserta perangkat alat musiknya.
Pasentra di bentuk atas dasar kepedulian masyarakat mengani seni tradisional yang semakin hari semakin terpinggirkan oleh jaman. Setelah paguyuban ini terbentuk, barulah di kukuhkan keorganisasiannya pada peresmian Kampung Seni Yudha Asri, Januari 2010 lalu. Setelah dikukuhkan, tidak lama berselang barulah turun Surat Keputusan(SK)dari Bupati Kab. Serang. 
Paguyuban Seniman Tradisional (Pasentra) keanggotaanya terdiri seniman wilayah Kab. Serang, Paguyuban ini diketuai seorang tokoh nasionalis yaitu Bpk. Nasir dan diwakili oleh Bpk. M. Hafid Nur.
Dengan adanya wadah ini kedepan Pasentra dan Kampung Seni Yudha Asri adalah sarana yang memadai untuk kegiatan seni tradisional, melestarikan, mengembangkan seni tradisional khususnya untuk wilayah Kab. Serang - Banten.

Ketua Pasenta Bpk. Nasir dalam sambutan di Kampung Seni
Wakil Ketua Pasentra M. Hafid Nur




Ikrar Pasentra di Kampung Seni Yudha Asri

Pengkukuhan Pasentra di Kampung Seni Yudha Asri