Kampung Seni Yudha Asri: Maret 2011

Rabu, 30 Maret 2011

Training Seni Tradisional SMAN 1 Pamarayan - Serang di Kampung Seni

Berkreatifitas tidaklah harus dengan sesuatu yang modern. Seni Tradisional misalnya, kegiatan seperti ini patut kita apresasiasi apalagi orang-orangnya masih muda, golongan pelajar. Dengan menanamkan rasa cinta terhadap seni, apapun itu bentuknya mudah-mudahan di masa yang akan datang seni tradisi dan budaya Indonesia akan tetap hidup dan tumbuh berkembang.
 
 
 
 







































Selasa, 22 Maret 2011

Liputan Banten TV di Kampung Seni Yudha Asri

Casting dalam acara Wajah Kota, Banten TV, menurut rencana akan disiarkan hari ini pukul 19.00 WIB di Banten TV. Turut hadir Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Banten, Ibu Hj. Egy Djanuiswati, M.Sc., Kabid Pembinaan Kebudayaan Daerah, Dadie Ruswandi, M.Si beserta rombongan di lokasi Kampung Seni Yudha Asri, Maret 2011.
 






Opak Yudha, Makanan khas dengan cita rasa yang unik

Opak merupakan makanan khas yang sudah menjadi identitas Kampung Seni Yudha Asri sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu. Makanan ini hampir kita bisa jumpai disetiap keluarga di Kampung Seni dan mayoritas masyarakatnya pun bisa membuatnya. Bahan dasar opak terdiri dari beras, gula pasir, daun pandan, kelapa dan bahan-bahan lain. Proses pembuatannya tergolong sederhana namun perlu keahlian khusus. Untuk membuat opak yang benar-benar enak, harus melalui proses yang panjang, pertama kita harus menyiapkan beras yang sudah di cuci bersih, kemudian dimasak terlebih dahulu sehingga berbentuk nasi, setelah masak, nasi tersebut di masukan ke "Dulang" yang selanjutnya dihaluskan menggunakan "Halu". Setelah semuanya sudah halus dan bumbu sudah tercampur dengan baik, barulah dibuat opak dengan berbentuk bulat dengan menggunakan alas tikar yang terbuat dari jerami, atau oleh masyarakat setempat disebut "Samak Lampit". Setelah semua opak sudah terbentuk, kemudian di jemur sampai kering. Jika opak sudah kering, proses terakhir adalah pemanggangan. Opak sendiri ada dua macam, Opak Merah dan Opak Putih. Berikut ini adalah beberapa dokumentasi proses pembuatan opak yang diambil oleh tim.