Kampung Seni Yudha Asri: September 2011

Kamis, 29 September 2011

Festival Kesenian Nusantara 2011 di Jakarta

Festival Seni Nusantara 2011 merupakan ajang tahunan yang diprogramkan oleh Dinas Budaya dan Pariwisata Republik Indonesia. Dalam kegiatan ini seluruh provinsi sebanyak 33 daerah yang mewakili Indonesia ikut serta. Kegiatan yang diadakan di Gedung Kesenian Jakarta ini berlangsung  selama 4 hari, yaitu dari 19, 20, 21 dan 22 September 2011.
Kampung Seni Yudha Asri dan Raksa Budaya adalah dua sanggar seni yang bergabung mewakili Provinsi Banten di tingkat nasional 2011 ini. Mengkolaborasikan antara Seni Tari, Terbang Gede dan Beluk, berikut dokumentasinya yang diambil oleh tim. 








 












 


Rabu, 28 September 2011

Persiapan Pentas Gebyar Wisata dan Pesona Banten 2011 di BSD, Serpong

Gebyar Wisata dan Pesona Banten 2011 adalah kegiatan yang bertujuan untuk mempromosikan potensi alam, seni dan budaya yang berada di Provinsi Banten. Acara ini berlangsung di Living World, BSD Serpong. Kegiatan yang berlangsung selama lima hari ini yaitu dari tanggal 28 September - 2 Oktober 2011 langsung dibuka oleh Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiah. Kegiatan ini diwakili oleh seluruh Kabupaten dan Kota yang berada di Provinsi Banten. Untuk di Kabupaten Serang sendiri diwakili oleh Kampung Seni Yudha Asri dan Pusaka Medal, akan menampilkan Rampak Bedug, Bedug Kerok dan kolaborasi Pencak Silat Cimande. 








 





Tradisi Ngembang di Kampung Seni Yudha Asri

Ngembang adalah tradisi tahunan dari masyarakat Kampung Seni Yudha Asri. Tradisi ini sebenarnya adalah Ziarah Qubra hanya saja diikuti oleh seluruh masyarakat kampung yudha serta sanak-saudara baik yang berada di Jakarta, Tangerang, Rangkas Bitung, Bogor dan Pandeglang. Setiap tahunnya mereka berjiarah secara bersama-sama terlebih dahulu kepada makam leluhur(buyut), setelah itu ziarah kepada sanak-saudara masing-masing. Tradisi Ngembang ini diiringi oleh perangkat alat musik khas Kampung Seni Yudha Asri seperti rebana/bedug dan kohkol. Alat musik ini untuk memeriahkan dan menghibur semua orang yang ikut berziarah.