Kampung Seni Yudha Asri: November 2011

Rabu, 30 November 2011

Pentas Seni Bagimu Banten 2011

Pentas seni adalah ajang pengkreasian dari seniman-seniman dalam menuangkan hasil karya, baik dalam bentuk gerak, vokal dan irama musik. Pentas seni yang diselenggarakan oleh Disbudpar Provinsi Banten 2011 ini bertajuk "Bagimu Banten", berlangsung di alun-alun Kota Serang, Banten. Puluhan Sanggar dan komunitas seni di Provinsi Banten berunjuk gigi dalam kegiatan ini. Kampung Seni Yudha Asri menampilkan Seni Bedug Kerok yang merupakan kesenian asli dari Kampung Seni. Sementara sanggar dan komunitas seni lainnya ada yang menampilkan Tari-tarian, Rampak Bedug dengan kolaborasi Gendang, Debus dan berbagai teatrikal puisi.

 













Selasa, 29 November 2011

Tradisi Nincak Dodol (Menginjak Dodol)

Nincak artinya menginjak, tradisi Nincak Dodol berarti menginjak dodol. Tradisi ini dilakukan ketika anak berumur sekitar 2-3 bulan. Tradisi ini dimana seorang anak menginjakan kakinya ke tanah untuk pertama kali. Dodol dan Gemblong adalah media yang diinjak oleh kaki seorang anak, jumlah Dodol dan Gemblong sendiri ada 5 buah yang menandakan bahwa anak itu harus patuh dan taat terhadap Rukun Islam, Warna Dodol dan Gemblong adalah hitam dan putih menandakan bahwa dalam hidup terdiri baik dan buruk, dan jangan sampai salah melangkah kejalan yang dilarang oleh Allah SWT.

















Study Tour SD Al-Fityan di Kampung Seni Yudha Asri

Mengenal seni-budaya tidaklah mesti disekolah, kegiatan yang bertajuk study tour perlu kita bina guna menghilangkan rasa jenuh kepada anak terhadap pembelajaran di kelas. Tujuannya, selain bisa memperkenalkan anak dengan seni budaya, juga mengajak anak-anak untuk lebih kompak, menjalin kebersamaan dan rasa saling peduli terhadap satu dengan yang lain.
SD Al-Fityan yang berlokasi di Tangerang patut di apresiasi, dengan melakukan kegiatan ini, banyak hal posifit bagi perkembangan anak. Peserta yang berjumlah sekitar 200 orang ini dibagi kedalam beberapa kelompok, dengan didampingi oleh guru masing-masing. Kegiatan dimulai dengan sambutan-sambutan, kemudian makan siang di saung-saung area taman Kampung Seni Yudha Asri. Setelah usai peserta berkumpul kembali di tempat yang disediakan untuk selanjutnya melihat berbagai pertunjukan seni-budaya tradisional Kampung Seni. Kesenian pembuka yaitu dengan penampilan Rampak Bedug, Kemudian Beluk, Bendrong Lesung, Degung, Dzikir Saman, Bedug Kerok dan proses pembuatan anyam-anyaman, seperti boboko dan bahan lain yang terbuat dari bambu.