Kampung Seni Yudha Asri: Juni 2012

Sabtu, 30 Juni 2012

Pentas Budaya di Kampoeng Anak Indonesia, Balai Kartini, Jakarta

Kampoeng Anak Indonesia adalah sebuah pameran yang bertemakan tentang Budaya Indonesia dari mulai kesenian tradisional, permainan tradisional, rumah-rumah adat Jawa, Dayak dan Toraja serta berbagai makanan khas Indonesia.
Kegiatan yang digagas oleh Majalah Good Housekeeping Indonesia, Tiara Josodirdjo & Associates, dan BRI Junior ini berlangsung dari tanggal 29 Juni - 1 Juli 2012. Acara ini juga adalah dalam rangka mengisi liburan anak-anak sekolah dan memperkenal berbagai seni tradisional Indonesia. Kampung Seni Yudha Asri menampilkan kesenian Rampak Bedug-Gamelan sebagai acara pembuka. Selain itu ikut serta pula dalam berbagai permainan tradisional Indonesia, seperti Gangsing, Batok, Bengkat, Egrang dan lain sebagainya.
Bersamaan dengan itu juga akan dilaksanakan Teater Musikal Anak Bawang Merah Bawang Putih di Teater Nusa Indah - Balai Kartini Jakarta yang dibintangi oleh imee Saras, Mickey Octapatika, Eriska Rein, dan Angel Simbolon dengan didukung oleh musisi handal seperti Ifa Fachir, Mhala 'Numata', dan Ava Victoria.




























Pelepasa Siswa Yayasan Yaumin Cikande, Serang 2012


Yayasan Pendidikan Terpadu Modern Ahkamul Hakimin Yaumin merupakan Sekolah Islam yang berada di Cikande, Kabupaten Serang, Banten. Sekolah yang berdiri sekitar tahun 2000-an ini terus menunjukan prestasinya baik dari segi pendidikan maupun agama.
Yayasan Terpadu Modern Yaumin terbagi dalam Madrasah Diniyah Awaliyah(MDA) sudah 5 angkatan, Madrasah Tsanawiyah(MTS) 5 angkatan dan Madrasah Aliyah(MA) 2 angkatan. Pada pelepasan siswa tahun ini, Yayasan Yaumin Cikande menggarap konsep yang berbeda, selain untuk menambah kemeriahan pelepasan siswa, juga sebagai salah satu bentuk apresiasi terhadap seni-budaya khususnya di Wilayah Banten.
Kampung Seni Yudha Asri selaku wadah pelestari budaya, ditunjuk untuk membina berbagai kesenian pada event ini, seperti Rampak Bedug, Lesung, Rebana/Marawis, Tari-tarian dll. Sebulan sebelum kegiatan ini, para siswa telah giat berlatih kesenian tradisional. Dan alhamdulilah, ketika acara memasuki puncak, segenap elemen sekolah, guru, orang tua murid, siswa dan warga sekitar ikut merasa senang dengan adanya kegiatan ini.



 






















Pernikahan Adat Banten di Kampung Seni Yudha Asri


Prosesi Adat Pernikahan Banten/Sunda di Kampung Seni Yudha Asri pada Pernikahan Aida Budiyah dan Awaludin. Dalam prosesi tersebut besan disambut dengan beberapa tarian khas Banten dan Rampak Bedug.


 


 

Senin, 11 Juni 2012

Pelepasan Siswa SMAN Bandung, Serang 2012

Dalam proses akhir belajar-mengajar, diperlukan adanya suatu momen yang bernuansa "happy ending". Tujuannya yaitu membuat kesan yang baik terhadap kelulusan peserta didik. Didalamnya disertakan pesan moral untuk menjadi individu yang baik dan memiliki cita-cita yang untuk membangun bangsa dan negara. Disamping itu, kegiatan ini juga berfungsi sebagai unjuk kreatifitas dan hiburan kepada siswa pada khususnya.
Jauh sebelum pelepasan dimulai, anak-anak SMAN 1 Bandung telah berlatih dengan tekun. Karena letak sekolahnya tidak jauh dari lingkungan Kampung Seni Yudha Asri, SMAN 1 Bandung, berlatih setelah/sebelum kegiatan belajar dimulai dan langsung berlatih di Gedung Kesenian Kampung Seni Yudha Asri.
Berikut adalah Prosesi Pelepasan Siswa SMAN Bandung, Serang 2012 di Kampung Seni Yudha Asri, Bandung, Serang Banten.