Kampung Seni Yudha Asri: Prosesi Shooting Film Dokumenter TV Edukasi di Kampung Seni

Senin, 17 September 2012

Prosesi Shooting Film Dokumenter TV Edukasi di Kampung Seni

TV Edukasi adalah Stasiun TV Nasional milik pemerintah. Stasiun televisi ini diresmikan oleh Menteri Pendidikan Abdul Malik Fadjar tanggal 12 Oktober 2004. Studio TVE berada di Jakarta, dan memiliki afiliasi dengan stasiun televisi pendidikan di daerah. Televisi Edukasi dimiliki oleh Kementerian Pendidikan Nasional Indonesia. Siaran TVE direlai oleh TVRI setiap hari Senin hingga Jumat pukul 14.00 hingga 15.00 WIB. TVE mempunyai dua channel yaitu channel 1 dan channel 2.
Tujuan didirikannya TVE ialah memberikan layanan siaran pendidikan berkualitas untuk menunjang tujuan pendidikan nasional. Sasaran TVE adalah Peserta didik dari semua jalur, jenjang, dan jenis pendidikan, praktisi pendidikan, dan masyarakat.
TVE mulai mengadakan kompetisi KIHAJAR (Kita Harus Belajar) sejak tahun 2004. Kompetisi ini diadakan bertujuan untuk mencari siswa SMP sederajat yang berprestasi. Siswa SMP sederajat yang memenangkan kompetisi KIHAJAR akan mendapat beasiswa sampai S1. Mulai tahun 2011, selain untuk SMP, kompetisi KIHAJAR juga diadakan untuk siswa SD dan SMA sederajat.
Dalam kesempatan ini, TV Edukasi tengah memproduksi berbagai seni-budaya yang berada di Kampung Seni Yudha Asri, Serang, Banten. Materi yang diambil meliputi Kesenian Bedug Kerok dan Prosesi kelahiran bayi. Dua seni tradisi dan budaya lokal ini masih melekat pada kehidupan masyarakat Kampung Seni Yudha Asri pada khususnya.
Berikut adalah beberapa dokumentasi ketika proses produkasi oleh TV Edukasi 14 - 16 September 2012 di Kampung Seni Yudha Asri, Kp. Yudha, Desa Mander, Serang, Banten.

Video Prosesi Shooting TV Edukasi di Kampung Seni, Desa Mander, Kab. Serang, Banten