Kampung Seni Yudha Asri: Kegiatan Pertanian di Kampung Seni Yudha Asri dan Sekitarnya

Sabtu, 29 Januari 2011

Kegiatan Pertanian di Kampung Seni Yudha Asri dan Sekitarnya

Indonesia merupakan negara agraris, beriklim tropis dan merupakan negara kepulauan terluas di dunia. Dengan posisi geografis yang sangat menguntungkan, hampir semua jenis tanaman bisa tumbuh subur di Indonesia. Dari sabang sampai merauka terbentang luas samudra dan kekayaan alam hayati yang beraneka ragam, flora dan fauna.
Di provinsi Banten sendiri mata pencaharian masyarakatnya dominan pada pertanian, perkebunan dan perikanan. Namun untuk sebagian wilayah sudah mulai bergeser ke daerah industri, misalnya di wilayah Cikande, Cilegon dan Tangerang.
Disadari atau tidak, jika tidak memperhatikan ekologi tanah, industri merupakan suatu ancaman, dimana akan memberikan dampak pada lingkungan dan imbasnya tentu sudah pasti kepada para petani. Lahan mereka akan menjadi tidak subur, tanah menjadi asam, pencemaran air, pencemaran udara, krisis air bersih dan dampak lingkungan lain. Pemerintah setempat dalam hal ini Departemen Lingkungan Hidup khususnya Provinsi Banten, haruslah bersikap serius dan aktif dalam memperhatikan lingkungan dan tidak hanya memperhatikan keuntungan semata. Berikut ini beberapa kegiatan pertanian di wilayah Kab. Serang khususnya di Kampung Seni Yudha Asri, Desa Mander, Kec. Bandung.




















Klik play (>) untuk melihat video