Kampung Seni Yudha Asri: Sholat Tarawih di Malam Pertama Bulan Ramadhan 1432 H

Senin, 01 Agustus 2011

Sholat Tarawih di Malam Pertama Bulan Ramadhan 1432 H

Bulan yang penuh berkah dan rahmat telah tiba, umat Islam diseluruh dunia merayakannya dengan penuh suka cita, ya Ramadhan telah datang. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim, karena Allah memberi keistimewaan di bulan ini. Bulan yang penuh pengampunan, bulan dengan seribu bulan. Ramadhan kali ini jatuh pada hari Senin, 1 Agustus 2011 namun disebagian wilayah ada yang melaksanakan hari Minggu, 31 Juli 2011 seperti di daerah Sumenep, Jember, Ternate dan tempat lain sebagainya. Mereka mempercayai bahwa bulan puasa jatuh pada hari Minggu berdasarkan hitungan alkitab yang mereka pakai sebagai acuan dalam berpuasa, ada juga yang menyatakan bahwa "Puasa Rhamadan itu kan 30 hari, jadi kalau kita puasa hari senin(01/08/2011) dan lebaranya hari Selasa (30/08/2011), tentu kita puasa hanya 29 hari, jadi kami puasa hari Minggu (31/07/2011) untuk menggenapkan puasa" tutur warga Ternate. 
Di Bulan Ramadhan ada malam Lailatul Qadar, yaitu malam yang penuh berkah dan kemuliaan dari seribu malam lainnya. Allah SWT berfirman dalam surat Al Qadar [97] : 3-5 yang berbunyi :
لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ (3) تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ (4) سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ (5) 
“Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al Qadar [97] : 3-5) 

Meskipun ada perbedaan dalam menentukan awal puasa, kita jangan mempermasalahkannya, yang penting hakekat dari pada Rukun Islam tetap utuh. Berikut adalah dokumentasi Warga Kampung Seni Yudha Asri(Kp. Yudha) Serang, Banten dalam melaksanakan Shalat Tarawih(31/07/2011).