Kampung Seni Yudha Asri: Kolaborasi Pencak Silat Cimande Pusaka Medal dengan Rampak Bedug

Selasa, 26 April 2011

Kolaborasi Pencak Silat Cimande Pusaka Medal dengan Rampak Bedug

Kolaborasi merupakan perpaduan dua atau lebih hal yang berbeda yang dikemas menjadi satu kesatuan sehingga menghasilkan sesuatu yang baru dengan konsep yang berbeda, lebih unik dan kreatif. Contohnya saja kolaborasi Rampak Bedug dan Pencak Silat ini, mereka digabungkan dari konsep yang berbeda, dibangun dengan tidak menghilangkan salah satunya, saling mengisi dan melengkapi sehingga terciptalah seni yang indah, kompak, atraktif dan dinamis.
Proses perpaduan seni tidaklah begitu sulit, asalkan para pesertanya bisa benar-benar menjiwai seni. Pelatih Rampak Bedug yang sekaligus arsitek Seni di Kampung Seni Yudha Asri, Rumania tidak begitu kesulitan dalam membimbing mereka. Mereka semua terlihat kompak dan benar-benar semangat untuk belajar seni. Koordinator Pencak Silat dari Perguruan Pusaka Medal, Kecamatan Pamarayan, Nasir juga terlihat tidak mengalami kesulitan dalam menerapkan teknik silatnya dengan Rampak Bedug.
Adapun maksud kolaborasi seni ini adalah persiapan menjelang pementasan hari jadi Perguruan Tjimande Tari Kolot Kebon Djeruk Hilir atau disingkat TTKKDH. Hari jadi TTKKDH ini akan digelar di GOR Serang pada tanggal 16 Mei 2011, yang insyaallah akan dihadiri oleh Gubernur Banten, Ibu Atut Chosiah. Berikut adalah prosesi latihan Kolaborasi Pencak Silat dan Rampak Bedug di gedung kesenian / serba guna Kampung Seni Yudha Asri. (Photo: Dok KSYA 24 April 2011)