Kampung Seni Yudha Asri: Lahan Persawahan di Sekitar Kampung Seni, Desa Mander ketika Musim Menanam Padi

Senin, 11 April 2011

Lahan Persawahan di Sekitar Kampung Seni, Desa Mander ketika Musim Menanam Padi

Padi merupakan makanan pokok bagi sebagian besar penduduk Indonesia. Makanan pokok ini mengandung banyak karbohidrat yang diperlukan untuk menghasilkan energi dalam tubuh kita. Selain padi yang dijadikan makanan pokok, ada juga Singkong dan Sagu yang umumnya bisa kita jumpai di wilayah timur Indonesia.
Di Kampung Seni Yudha Asri, Desa Mander, Kecamatan Bandung, Kabupaten Serang dan sekitarnya, para petani dalam bercocok tanam masih bergantung dengan air hujan, jika dalam 1 tahun bisa terjadi tiga kali musim hujan, maka hampir di pastikan dalam 1 tahun para petani bisa memanen padi mereka sebanyak 3 kali. Namun, beberapa bulan terakhir ini, cuacanya sangat tidak menentu, belum bisa prediksikan bulan-bulan apa saja akan terjadi hujan dan panas. Hal demikian tentu saja tidak disukai oleh para petani, mereka akan terkendala air agar lahan padi mereka bisa tumbuh subur. Akibatnya, karena kekurangan air tadi, maka masa paceklik pun dalam bayang-bayang mereka, inilah keadaan yang sulit, disisi lain padi merupakan sumber energi utama yang harus mereka konsumsi setiap hari.
Melihat hal demikian, pemerintah dalam hal ini Departemen Pertanian baik pusat maupun daerah haruslah memberikan solusi yang bisa menunjang kehidupan para petani, misalnya dengan membuat saluran irigasi, memberikan pupuk dan teknik penanaman padi yang baik. Berikut adalah beberapa aktifitas petani yang sedang mengolah lahan padi mereka di sekitar Desa Mander, Kecamatan Bandung.










 



Klik play (>) untuk melihat video