Kampung Seni Yudha Asri: Adat Pernikahan Banten di Kampung Seni Yudha Asri

Senin, 23 Mei 2011

Adat Pernikahan Banten di Kampung Seni Yudha Asri

Adat merupakan sesuatu yang melekat dengan akad/tata cara di suatu tempat, keberadaannya sudah ada sejak puluhan atau ratusan tahun yang lalu. Adat bisa berupa Adat Pernikahan, Khitanan, Kelahiran Bayi, Maulid Nabi, Tahun Baru Islam dan lain sebagainya.
Pernikahan merupakan sesuatu yang sakral dan setiap orang punya cara tersendiri untuk merayakannya. Ada yang dengan cara sederhana, biasa-biasa saja dan ada juga yang luar biasa misalnya menikah diatas gedung, di dalam pesawat, di dalam air, di atas pohon, dan cara unik lainnya. Pernikahan adalah pengikatan janji dari dua insan berbeda yaitu laki-laki dan perempuan untuk melaksanakan kewajibannya baik menurut agama maupun adat. Dengan pernikahan berarti kita mempunyai tanggung jawab terhadap keluarga yang kita bangun, dimana dalam prosesnya kita harus bisa menciptakan suasana yang harmonis, damai, tentram, taat dengan perintah agama, memberikan keberkahan, nafkah dan menjadikan keluarga yang sakinah, mawadah, warohmah.
Berikut adalah perayaan salah seorang warga Kampung Seni Yudha asri dengan ritual Adat Pernikahan dan Rampak Bedug Kampung Seni Yudha Asri.(Photo : Dok KSYA 22 Mei 2011)



Klik play (>) untuk melihat video