Kampung Seni Yudha Asri: Musim Panen Telah Tiba

Kamis, 19 Mei 2011

Musim Panen Telah Tiba

Menjadi petani sungguh sangat mulia, pekerjaan mereka sangat berat, penghasilannya tidaklah seberapa, namun berkat jasanya, kita bisa menikmati nasi yang tersaji di ruang makan yang sudah siap kita santap. Apalagi mayoritas masyarakat Indonesia, makanan pokoknya adalah nasi, bisa dibayangkan kalau tidak ada mereka?
Untuk sampai pada proses memanen padi, perjalannya sangat panjang, kita harus menunggu sekitar 3 bulan, itupun kalau tidak ada hama dan bencana alam menerpa. Langkah awalnya yaitu kita harus menyiapkan bibit padi terlebih dahulu yang paling bagus, tahan terhadap hama. Setelah pembibitan selesai, tentu kita harus menunggu bibit itu sampai kira-kira berumur 2 - 4 minggu lamanya. Sebelum kita menanam padi disawah, sawah tersebut harus kita oleh terlebih dahulu yaitu pembajakan tanah, dalam proses ini bisa dengan cara tradisional maupun modern. Cara tradisional yaitu kita menggunakan cangkul dan kerbau sebagai alat untuk membajaknya, dimana kerbau tersebut kita kendalikan hinggu proses pengolahan sawah selesai. Cara modern yaitu dengan menggunakan traktor, cara ini memang lebih ringan namun perlu biaya sedikit lebih besar ketimbang dengan menggunakan kerbau. Setelah pengolahan selesai, baru kita tanami sawah tersebut dengan bibit padi tadi yang sudah berumur 2 - 4 minggu. Setelah penanaman selesai, langkah selanjutnya adalah pemupukan dan pemberian insektisida, cara ini supaya tanaman padi bisa terhindar dari serangan hama padi yang bisa mengintai setiap saat. Berikutnya yaitu pembersihan sawah dari rumput-rumput pengganggu, keong dan kepiting. Rumput sawah sangat mengganggu sekali terhadap masa tumbuh padi, ia akan menghambat laju pertumbuhan tanaman padi. Begitupun dengan keong dan kepiting, mahluk ini bisa merusak tanaman padi yang sejatinya bisa berdiri tegak dan akarnya kuat. Selain hama tadi faktor cuaca juga sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan padi. Jika sawah kita kekurangan air, hampir dipastikan akan kering dan padi pun akan mati. Oleh karena itu selain hama, faktor cuaca juga sangat  menentukan bagi para petani untuk bisa atau tidaknya memanen padi mereka.
Jika semua proses sudah selesai, para petani tersebut menunggu tanaman padi tersebut sekitar 2 bulan lamanya. Setelah 2 bulan terlewati, maka padi pun siap untuk di panen. Berikut adalah proses pemanenan padi di wilayah Desa Mander, Kecamatan Bandung, Serang. (Photo : Dok KSYA 17 Mei 2011)


Klik play (>) untuk melihat video





 






 







http://padang-today.com

http://rumahtani.multiply.com